Jumat, 02 Juli 2010

Teori Ekonomi Politik Klasik

A. Pengertian

Pada Teori Ekonomi politik klasik (paradigma Ekonomi klasik), sangat anti dengan campur tangan pemerintah. Pandangan ini sangat berbeda dengan pandangan yang dianut pada masa merkantilisme, yang percaya bahwa negarawan, sebagai layaknya seorang bapak yang baik dalam suatu rumah tangga, bertanggung jawab memenuhi semua kebutuhan seluruh anggota masyarakat dan mengatur ketenaga kerjaan. Oleh Adam Smith yang merupakan tokoh kaum klasik, doktrin merkantalis dinilai terlalu peternalis.

Adam Smith percaya bahwa campur tangan yang terlalu banyak oleh pemerintah justru bisa menyebabkan perekonomian mengalami distorsi yang ujung-ujungnya hanya akan menimbulkan terjadinya inefiensi. Karena campur tangan pemerintah lebih sering mengganggu jalannya perekonomian.
1. Pandangan tentang kekayaan.

Jika kaum merkantilis mengidentikkan kekayaan dengan uang, bagi Adam Smith kekayaan adalah kemakmuran dan kesejahteraan rakyat. Secara konseptual, pendistribusian kekayaan ditentukan oleh actor-aktor atau kelas-kelas social yang berperan dalam proses kekayaan. Aktor-aktor tersebut adalah tenaga kerja (pemilik sumber daya manusia), kapitalis (pemilik capital), dan para tuan tanah atau landlord (pemilik sumber daya alam, terutama tanah).

2. Teori tentang pembagian kerja.

Teori pembagian kerja menunjukkan bahwa dalam upaya mengejar keinginan pribadi, maka orang harus bekerja sama dengan orang lain. Teori pembagian kerja tidak berlaku hanya untuk suatu tugas tertentu saja, tetapi juga bisa diterapkan antar sector dan antar Negara. Menurut teori keunggulan absolute yang dikembangkan Smith, tiap Negara lebih baik berfokus menghasilkan barang-barang yang bisa diproduksi dengan biaya rendah di negaranya, dan menjual kelebihan produksi (surplus) ke luar negeri, yang kalau dibuat di dalam negeri harganya lebih mahal.

3. Khuluk manusia.

Salah satu sifat atau khuluk manusia yang dipelajari Smith ialah bahwa semua orang ingin hidup lebih baik. Keinginan seperti inilah yang disebut Smith sebagai hasrat untuk kondisi yang lebig baik, suatu hasrat yang ada dalam diri kita semenjak masih di rahim dan tidak akan pernah meninggalkan kita hingga ajal menjemput. Bagi Smith, manusia adalah ‘binatang yang gelisah’, dan sudah merupakan khuluk manusia untuk menjadi homo ekonomis, yaitu manusia ekonomi sebagai makluk rasional yang didorong oleh kepentingan pribadi untuk selalu berusaha memperoleh hasil yang sebesar-besarnya dari berbagai kemungkinan pilihan yang ada

4. Mekanisme pasar.

Anggapan klasik tentang mekanisme pasar adalah dimana para ahli ekonomi mengatakan bahwa pasar akan tegak dan bekerja dengan baik apabila tidak ada campur tangan pemerintah.

B. Prinsip-Prinsip Ekonomi Politik Klasik

Ekonomi politik klasik dibangun dengan dua pokok pikiran yakni pasar dapat meregulasi sendiri (self-regulating market­­­­­­­­­­­­­­­) dan eksistensi teori nilai dan distribusi (value and distribution). Premis self-regulating market­­­­­­­­­­­­­­­ merupakan doktrin tentang ketangguhan pasar dalam mengorganisasi kegiatan/transaksi ekonomi yang dipandu oleh sinyal harga dan perilaku mencari keuntungan. Prinsip inilah yang mengantar pendekatan ini untuk meyakini adanya keunggulan bidang ekonomi apabila direlasikan dengan bidang-bidang lainnya. Sedangkan teori nilai dan distribusi berpendapat bahwa nilai suatu barang/ jasa diturunkan dari sistem pembagian kerja. Disini harga suatu barang/jasa dihitung dari jumlah (jam kerja) tenaga kerja yang digunakan.

C. Contoh Kebijakan Yang Masih Memakai Teori Ekonomi Politik Klasik

Salah satu kebijakan yang sampai hari ini memakai teori ekonomi politik kalasik adalah penentuan suku bunga oleh masing-masing bank. Disini bank yang menentukan sendiri berapa besar atau persen bunga yang akan diberikan kepada nasabahnya. Karena tidak bisa di pungkiri bahwa suku bunga merupakan salah satu daya tarik bagi masyarakat untuk menggunakan bank tersebut.

1 komentar:

ignacioquesnell mengatakan...

Pin on titanium framing hammer - Titanium Industries
The best piece titanium metal of furniture. The best quality pin on titanium easy flux 125 titanium framing apple watch titanium vs aluminum hammer. infiniti pro rainbow titanium flat iron Made in Germany. 100% chrome-plated. Excellent overall titanium white acrylic paint performance. The